Rabu, 17 Agustus 2011

Vocaloid

Hallo mina~ konbanwa
nah dihari kemerdekaan indonesia yg ke-66 ini ,, yukii akan membahas ttg VOCALOID
apa ya vocaloid itu? langsung saja chek this out~

Vocaloid ini berasal dari kata “vocal” dan “android".
Vocaloid (ボーカロイド) adalah perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diingini. Suara nyanyian diambil dari "pustaka suara" yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.
Yamaha tidak menjual Vocaloid secara terpisah, melainkan dibundel dengan pustaka suara produksi perusahaan pustaka suara yang mendapat lisensi Yamaha. Vocaloid berasal dari kata "vocal" dan "android".
Perangkat lunak ini pertama kali dirilis Yamaha pada 26 Februari 2003. Teknik yang dipakai adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi profesional diolah dengan metode domain frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data "artikulasi nyanyian" yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi.

Tokoh :

 Nama : Hatsune Miku (初音ミク Hatsune Miku)
Developer : Crypton Future Media
Tanggal diluncurkan : 31 Agustus 2007
Jenis Kelamin : Perempuan
Tinggi : 158 cm
Berat : 42 kg
Character Item : Leek

Hatsune Miku adalah produk kedua Vocaloid 2 yang diciptakan oleh Crypton Futur Media. Arti dari nama Miku sendiri adalah gabungan dari Hatsu (初, pertama) Ne (音, suara) Miku (未来, Masa depan). Jadi, jika digabungkan, arti dari nama Hatsune Miku berarti "Suara Pertama dari Masa Depan". Suara Miku diambil dari suara Saki Fujita, seorang aktris Jepang.

Sebelum Hatsune Miku diluncurkan, Vocaloid itu tidak terlalu terkenal. Jadi, setelah Miku diluncurkan, Vocaloid pun terkenal, horeee~ *plaaak. Video terkenal Miku adalah Ievan Polkka, yaitu ketika chibi Miku, Miku Hachune, melakukan tari pemanggil hujan (?) sambil mengayunkan leek-nya~ XD






Megurine Luka (巡音ルカ) adalah tokoh ketiga Vocaloid 2 dari Crypton Future Media yang dirilis pada tanggal 30 January 2009. Disuarakan oleh si cantik Yu Asakawa, Luka deiperkenalkan oleh Crypton dengan 3GB database dengan dua bahasa yaitu Jepang dan Inggris. Luka dirancang oleh ilustrator terkenal bernama Kei yang juga menciptakan design untuk Hatsune Miku dan juga si kembar Kagamine, Rin dan Len. Tidak seperti karakter lain, Megurine Luka memiliki kostum yang tidak didasarkan pada seragam sekolah khas Jepang tapi lebih kepada fashion yang keren dan indah seperti gaun dan pakaian casual lainnya.

Di dalam dunia game, Megurine Luka hadir di dalam sekuel Diva Project yang dirilis pada Juli 2009 Project DIVA 2nd. Ini adalah permainan musik untuk PlayStation Portable yang diterbitkan oleh Sega. Selain Hatsune Miku, dalam sekuel ini juga menampilkan karakter Vocaloid lain yang dicipakan oleh Crypton Future Media seperti, Meiko, Kaito, Rin dan masih banyak lagi.

VOCALOID 2


KAGAMINE RIN

Kelamin : Perempuan
Umur : 14
Tinggi : 152 cm (5'0")
Berat : 43 kg (94.79 lbs)
Optimum genre Electro-pop, rock, pop - Enka
Optimum Tempo 85~175BPM
Optimum Range F # 3 ~ C # 5
Icon/Kesukaan : Roadroller, jeruk oranye, bawang kuning

KAGAMINE LEN

Kelamin : Laki-laki
Umur : 14
Tinggi : 156 cm (5'1.4")
Berat : 47 kg (103 lbs)
Optimum genre Pop, dance, rock - Enka
Optimum tempo 70~160BPM
Optimum range D 3 ~ C # 5
Icon/Kesukaan : Roadroller, pisang, nanas

Keduanya disuarai oleh Asami Shimoda dan dijual 1 paket. Nama mereka berdua diambil dari Kiri dan Kanan, sedangkan marga; Kagami(cermin) ne(suara)
 
infonya sedikit ya? kapan-kapan kita sambung
intinya ni artikel masih bersambung
TBC___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...