Sabtu, 20 Agustus 2011

Profile Aoyama Gosho






Gosho Aoyama lahir dengan nama Yoshimasa Aoyama pada tanggal 1 Juni 1963 di Hokuei, Daerah Administrasi Tottori, Jepang. Nama Aoyama kini telah terrenal sebagai seniman manga tidak hanya di Jepang, tapi hingga seluruh dunia.
Aoyama begitu terrenal karena telah menciptakan seri manga berjudul Detective Conan ( di Indonesia diberi nama Detektif Conan). Di Amerika, Kanada dan Inggris dikenal dengan judul Case Closed. Selain itu, karya Aoyama yang terrenal adalah seri anime untuk anak-anak berjudul Hamtaro.
Aoyama memiliki Bakau melukis Sejas usia anak-anak. Ketika tingkat 1 Sekolah Dasar, ia melukis “Yukiai War” dan memenangkan kompetisi. Lukisannya itu kemudian dipajang di Tottori Daimaru Departement Store.
Setelah lulus dari SMU di Ikuei, dia meneruskan belajar di Nihon University College of Art di Tokyo. Pada musim dingin tahun 1986, Aoyama mencoba ikut kontes komik khusus untuk mahasiswa baru. Dia pun memenangkan kontes tersebut dan hal itu menjadi batu pijakan pertama bagi Aoyama dalam meniti karir sebagai seniman dan pencipta manga.
Aoyama membuat debut sebagai seniman manga dengan mengerjakan Chotto Mattete, yang dipublikasikan di majalah mingguan Shonen Sunday pada musim dingin tahun 1987. Tak lama setelah itu, karya lainnya berjudul Magic Kaito, dipublikasikan oleh majalah yang sama.
Pada awal tahun 1990-an, fiksi lain karya Aoyama yang diberi judul Yaiba diluncurkan. Seri manga ini diciptakan oleh Aoyama dalam 24 volume. Dia juga kemudian mempersiapkan manga lainnya yang diluncurkan secara berseri dalam format volume (tankobon) seperti Third Bareman No.4, Gosho Aoyama’s Collection of Short Stories, dan juga Detective Conan.
Aoyama memenangkan dua penghargaan atas karyanya sebagai seniman manga. Pada tahun 1992, dia memenangkan Shogakukan Manga Award untuk shonen, untuk seri manga ciptaannya, Yaiba. Dia kemudian juga memenangkan penghargaan serupa untuk kedua kalinya padatahun 2001, kali ini untuk manga karyanya yang lain berjudul Detective Conan.
Sebagai wujud penghargaan atas kontribusi Aoyama sebagai seniman manga yang namanya harem ingá ke seluruh dunia, di tempat asal Aoyama, Hokuei mendapat bantuan proyek revitalisasi kota (machi okoshi). Proyek pertama adalah pembangunan Jembatan Conan yang melintasi sungai Yura dan juga pembuatan patung Conan di kota tersebut. Dua nama proyek ini merujuk pada sosok Conan Edogawa yang menjadi tokoh dalam seri manga Detective Conan.
Pada tanggal 5 Mei 2005, ia menikah dengan penyanyi dan pengisi suara yang bernama Minami Takayama yang mengisi suara Conan pada anime Detektif Conan. (waah istrinya pengisi suara conan XD) Namun mereka bercerai pada tanggal 10 Desember 2007. (sayang sekali =o=)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...